Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Minggu, 14 Desember 2014

APRESIASI KEGIATAN BANK SAMPAH TAHUN 2014

Foto Bersama pada Apresiasi Bank Sampah, Gedung Bumi Madani ICMI Orwil Jawa Barat (6/12/2014) 

Lembaga Pengebangan Teknologi Tepat (LPTT) merupakan lembaga yang sampai tahun 2014 ini masih konsern di bidang pengeolaan lingkungan khususnya pendampingan Bank Sampah yang sasarannya adalah Bank Sampah di tingkat RW/kommunitas. Dalam hal ini LPTT bekerjasama dengan Yayasan Unilever Indonesia (YUI) sebagai lembaga yang membantu pendampingan ke masyarakat. Khusus di tahun 2014 ini LPTT dan YUI bekerjasama di dalam hal pelatihan dan pendampingan Bank Sampah.

Sampai bulan Desember 2014, Bank Sampah yang telah LPTT bina dan dampingi sebanyak 58 Bank Sampah. Bank Sampah terebut meliputi Bank Sampah kategori silver 4 Bank Sampah, 10 Blue dan 34 masuk pada kategori white. Semakin meningkat kualitas dan kuantitas kegiatan di bank Sampah semakin naik pula nilai bank sampah yaitu dari grade White, Blue, Silver, Gold sampai dengan Platinum.

Kegiatan Apresiasi bank sampah merupakan satu langkah yang tiap tahunnya mesti ada untuk mengajak dan member semangat di dalam mengelola sampah. Tidak dapat disangkal bahwa salah satu ujung dari beresnya permasalahan di Kota Bandung bukan karena adanya bank sampah, proses penyelesaian sampah yang harus dilakukan mulai dari tingkat rumah oleh masyarakat itu sendiri. Dalam hal ini salah satu bagian sari masyarakat yang harus diapresiasi kinerjanya adalah masyarakat yang mau mengelola sampahnya sendiri.


Bank Sampah sebagai sebagai metode pengelolaan sampah yang bisa dan mudah dilakukan oleh masyarakat memiliki tujuan mengurangi timbunan sampah dan menggali nilai yang lebih dari sampah itu sendiri.

Tujuan dari kegiatan Apresiasi ini adalah memberikan motivasi dan spirit mengelola sampah di Kota Bandung, membentuk kemandirian mengelola sampah, melatih jiwa kepemimpinan di dalam mengelola sampah ditingkat komunitas, mendorong semangat mengalola sampah melalui kegiatan Bank Sampah di tingkat komunitas/RW. Hadir pada kegiatan Apresiasi Bank Sampah ini RW pelaku Bank Sampah di Kota Bandung, Paguyuban Fasilitator Green and Clean Kota Bandung meliputi 45 pengurus Bank Sampah dan 5 orang dari Paguyuban Fasilitator Green and Clean. Hadir pula dari PD Kebersihan Kota Bandung Bapak Jemarun. (LPTT:2014)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar