Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Sabtu, 15 November 2014

Pengolahan Sampah Organik Menjadi "Pakan Ikan"

Pengelolahan sampah merupakan salah satu cara untuk mengurangi permsalahan lingkungan yang diakibatkan sampah. Secara umum, masyarakat mengenal sampah sebagai sumber masalah yang dapat berdampak negatif pada kualitas kesehatan, baik dirinya dan lingkunngannya. Akan tetapi, belakangan ini kita dapat melihat beberapa RW khususnya di Kota Bandung, sudah mulai melakukan kegiatan pengelolaan sampah, dan fakta di lapangan menunjukkan bahwa pengelolaan sampah dapat mendatangkan berkah yang tentunya tidak hanya "lingkungan bersih" tetapi memiliki "nilai guna" dan " dan "nilai jual". 

Beberapa contoh diantaranya, sampah non-organik bisa ditabung di Bank Sampah, dibuat kerajian bahkan sampah plastik bisa diproses menjadi minyak, yang tentunya hal ini dilakukan dengan teknologi yang tepat dan tidak mencemari lingkungan. Begitu pula halnya dengan sampah organik, secara sederhana bisa dibuat menjadi kompos dengan metode sederhana yaitu, "metode keranjang Takakura, biopori yang juga dikombinasikan dengan "biokomposter".

Selain itu, sampah organik juga bisa dikembangkan menjadi "Pakan Ikan", dan memurut penelitian yang dilakukan bapak Hadi dan Ihsan (pengembang pakan ikan) ini memiliki kualitas "Pakan Ikan" yang tidak kalah dengan "Pakan Ikan" yang diproduksi oleh pabrik-pabrik pada umumnya. Pakan Ikan yang dikembangkan diantaranya pakan ikan Lele, Nila dan Ikan Emas. Harga yang ditawarkan cukup ekonomis mulai dari Rp 5.000 - 10.000/Kg. (Publish by: LPTT Bandung)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar