Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Jumat, 01 Januari 2010

Kegiatan 5 Tahun Terakhir

  1. Januari 2008, Pelatihan pengelolaan sampah rumah dengan bantuan budi daya cacing  tanah, kerjasama dengan Worm Club Bandung.
  2. Mei - Juli  2008, Penyuluhan ke masyarakat di sekitar Bandung tentang  alat penyaringan air sederhana, kerjasama dengan Forum masyarakat peduli air.
  3. Januari – Desember 2009, pendampingan dan peningkatan peranserta masyarakat dalam pengelolaan sampah, pengelolaan penanaman, pengelolaan air dan sanitasi skala pemukiman  di 100 RW di Kota Bandung dalam program Bandung Green & Clean 2009, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM, dan Media cetak Pikiran Rakyat.
  4. Juni 2009, Pelatihan pemanfaatan sampah rumah tangga dan ternak untuk biogas di lingkungan ibu-ibu peternak Sapi di Lembang Kabupaten Bandung Barat.
  5. Januari – Desember 2010, pendampingan dan peningkatan peranserta masyarakat dalam pengelolaan sampah, pengelolaan penanaman, pengelolaan air dan sanitasi skala pemukiman  di 200 RW di Kota Bandung lanjutan dari program Bandung Green & Clean 2010, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat dan PKK Kota Bandung.
  6. November-Desember 2010, Pelatihan dan penerapan pengelolaan sampah tingkat rumah tangga dalam program pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Kerjasama dengan Direktorat Pendidikan Masyarakat Dirjen Pendidikan nonformal dan informal Kementrian Pendidikan Nasional.
  7. Januari – Desember 2011 pendampingan dan peningkatan peranserta masyarakat dalam pengelolaan sampah, pengelolaan penanaman, pengelolaan air dan sanitasi skala pemukiman  di 350 RW di Kota Bandung lanjutan dari program Bandung Green & Clean 2011, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat dan PKK kota Bandung.
  8. Mei - Desember 2011, Pembelajaran dalam penerapan sekolah Berbudaya Lingkungan melalui program “ Bandung Green School “,kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat.
  9. Juni 2011, Pelatihan Urban Farming bagi warga di Kelurahan Babakan Surabaya Bandung, kerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan pangan.  
  10. Juli 2011, pelatihan Fasilitator bidang pengelolaan lingkungan hidup bagi guru SD dan SMP, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat.
  11. November 2011, Sosialisasi program Bandung Urban Farming Goes To School ke 100 Kepala sekolah SMA, SMK di Bandung, kerjasama dengan harian umum PR dan PT Ultra Jaya.
  12. Januari – Desember 2012 pendampingan dan peningkatan peranserta masyarakat dalam pengelolaan sampah, pengelolaan Urban Farming, pengelolaan air & sanitasi skala pemukiman, pengenalan energy terbarukan & hemat energy di tingkat rumah tangga  di 600 RW di Kota Bandung (lanjutan), program Bandung Green & Clean 2012, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat dan PKK kota Bandung.
  13. Januari 2012, Pelatihan bagi fasilitator – Guru-guru PLH dari SMA, SMK peserta program Bandung Urban Farming Goes to School, kerjasama dengan harian umum PR dan PT Ultra Jaya.
  14. Fabruari 2012, Pelatihan bagi co fasilitator – murid murid dari SMA, SMK peserta program Bandung Urban Farming Goes to School, kerjasama dengan harian umum PR dan PT Ultra Jaya.
  15. Mei 2012, TOT bagi Fsilitator Paguyuban Kecamatan tingkat kota Bandung, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat dan PKK kota Bandung serta mendapat dukungan dari PDAM Tirta wening, PD. Kebersihan Kota Bandung.
  16. September – November 2012, melakukan pelatihan Pengelolaan Bank Sampah tingkat Kecamatan, di lakukan 5 kali kegiatan kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat dan PKK kota Bandung
  17. November 2012, Pengkajian model peningkatan peran masyarakat pemukiman dalam pengelolaan lingkungan di Bandung, kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup.
  18. November 2012, demo alat destilasi plastic lokasi di Kel. Bbk Surabaya Kec. Kiaracondong Bandung, bekerjasama dengan Yayasan Al-Kalam Bandung.
  19. Tayang on air di TV local kegiatan “Ngariung Bandung Green and Clean” satu minggu sekali keliling di 30 Kecamatan di Kota Bandung, kerjasama dengan PJTV Bandung.
  20. Desember 2012, Apresiasi dan kreasi komunitas RW melalui kegiatan Bandung Green And Clean Expo 2012, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, Yayasan Uniliver, Radio RASE’FM,  Media cetak Pikiran Rakyat dan PKK kota Bandung serta mendapat dukungan dari PDAM Tirta wening, PD. Kebersihan Kota Bandung.Maret 2013,
  21. Maret 2013, Pelatihan motivasi pengurus bank sampah dengan out bond (100 Orang), kerjasama dengan Yayasan Unilever Indonesia.
  22. April 2013, Gerakan aksi masyarakat kawasan Industri di Kiaracondong Bandung, kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup.
  23. Mei 2013, Gathering dengan Bandar besar, pengepul (plastik, kertas, logam), kerjasama dengan Yayasan Unilever Indonesia.
  24. Mei 2013, Pelatihan dan praktek pembuatan biopori dan sumur resapan, kerjasama dengan Yayasan Unilever Indonesia.
  25. Juni 2013, Gerakan Aksi Masyarakat Daerah Aliran sungai Citarum, kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup.
  26. Agustus 2013, BINTEK 9Bimbingan Teknis) pengomposan, biopori,
  27. September 2013, Pendampingan kelompok masyarakat pemukiman di Bandung, kerjasama dengan Kementrian Lingkungan Hidup.
  28. November 2013, Lokakrya pengembangan pengelolaan bank sampah, kerjasama dengan BPLH Kota Bandung, PD. Kebersihan, Yayasan Unilever Indonesia. 
* * *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar