Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Selasa, 12 November 2013

Bank Sampah; Upaya Maksimalkan Nilai Sampah


Ketika mendengar kata sampah persepsi  yang hadir adalah bau, jijik, geuleuh, rujit . Namun ketika mendengar kata bank  yang terlintas adalah tempat penyimpanan uang yang nyaman, sejuk, dan dipenuhi pelayanan ramah merekah nan muda para pegawai professional. Perpaduan antar image sampah dan image Bank menimbulkan pertanyaan yang menggelitik dibenak kita, bisakah kita nabung sampah?.

Paradigma pengelolaan sampah
Selama ini sudah menjadi kebiasaan menangani sampah perkotaan dengan cara K.A.B atau Kumpul Angkut Buang, hal tersebut memang memudahkan kita, disatu sisi rumah dan lingkungan kita bersih namun orang lain yang tempatnya dikorbankan untuk dijadikan tempat pembuangan sampah tentu saja mengalami kerugian dan kerusakan.
Paradigma atau cara pandang dalam menangani sampah telah dirubah jika kita perhatikan bagan dibawah ini ;

Segitiga merah (paradigma lama); kotak pencegahan ada diujung kerucut atau paling sedikit yang berperan dalam penanganan sampah. Sementara kotak TPA (tempat pembuangan akhir) mendapat porsi terbesar yang berarti sampah dibuang lebih banyak.
Segitiga terbalik hijau (paradigma baru); Kotak pencegahan mendapat porsi terbesar pada segitiga terbalik, sehingga sampah yang masuk ke TPA berkurang.
Upaya penanganan sampah dari hilir dapat dilakukan dengan mendirikan Bank Sampah.
Apa itu Bank Sampah?

Jika kita merujuk pada pengertian bank secara umum;
Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.
Namun dalam pengertian bank sampah bukan dana yang dihimpun tapi sampah dari nasabahlah yang disimpan kemudian dikonversikan dalam bentuk lain (tabungan sembako, tabungan uang, tabungan beasiswa, tabungan sedekah, dll). Jadi bank sampah merupakan upaya pencegahan sampah masuk TPA dengan cara memaksimalkan nilai sampah.

Ada beberapa contoh pemaksimalan nilai sampah yang dikemas dan dimanfaatkan oleh orang-orang yang mampu membaca peluang, contoh di kota Bandung ada “Babe”, Pasar barang bekas Pajagalan Astana Anyar dll.

Memaksimalkan nilai sampah dengan menabungkannya dibank adalah salah satu metode penanganan sampah yang sebetulnya mudah asal ada kemauan, komitmen dan konsisten.
Mekanisme Penyetoran dan Penjualan di Bank Sampah

Gambar diatas menunjukan mekanisme penyetoran bank sampah;
No. 1 & 5: Pemilahan sampah, dilakukan sejak dirumah, pisahkan sampah bernilai dan sampah organic.
No. 2: Penyetoran sampah, dilakukan bersama-sama agar meriah.
No. 3: Sampah ditimbang kemudian dikonversikan kedalam tabungan
No. 4: Sampah yang sudah dikonversikan kemudian dicatat pada buku tabungan
No.1: Sampah disortir sesuai jenisnya, Plastik, dus, kertas, dll
No.2: Sampah ditimbang
No.3: Sampah Dipacking
No.4: Sampah Dijual ke Bandar
Bank Sampah Bandung


Kota Bandung memiliki beberapa bank sampah yang telah berjalan dan maju, kita dapat secara langsung mengunjungi mereka untuk belajar mengenai bank sampah.
Mudah-mudahan dengan adanya bank sampah mampu untuk setidaknya mengurangi jumlah sampah yang masuk TPA selain itu meninggkatkan kreativitas warga mengenai cara penanganan sampahnya yang bernilai ekonomis. (Hadi Zan)

3 komentar:

  1. akan memberi kesempatan pada kawan-kawan yang terjun di akademi untuk melakukan kajian yang lebih dalam sehubungan dengan berkembangnya Bank Sampah sebagai salah satu solusi mengenalkan sampah adalah "sumber daya" yang belum digarap dengan optimal di bumi pertiwi ini.

    BalasHapus
  2. mkasih gan ,,, postingan bank-sampah-upaya-maksimalkan-nilai ,, yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus
  3. tolong batuan kirim kami cara kirja / pengelola ba k sampah

    BalasHapus