Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Jumat, 22 April 2016

Para Kartini Komunitas dan Hari Bumi

Tidak dapat dipungkiri perempuan saat ini sudah mengokohkan perannya dalam berbagai gerakan perubahan dalam masyarakat, termasuk dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup.
Bulan April ini setidaknya ada dua momentum penting yang bisa menjadi inspirasi upaya-upaya pembaharuan dalam masyarakat dan dunia modern, yaitu peringatan hari Kartini pada 21 April dan Peringatan Hari Bumi Internasional yang diperingati setiap 22 April.

LPTT Bandung selama bertahun-tahun telah mengembangkan kolaborasi dengan berbagai komunitas warga yang peduli terhadap upaya penyelamatan lingkungan hidup di tingkat lokal, dan pada kenyataannya berbagai komunitas ini mayoritas didominasi oleh kalangan perempuan, baik itu kalangan ibu-ibu di tingkat RW  maupun para perempuan-perempuan muda yang berperan penting pada organisasi-organisasi lingkungan hidup komunitas.

Berikut beberapa dokumentasi kegiatan mitra dan komunitas jaringan LPTT Bandung pada dua momen penting bulan ini (hari Kartini dan hari Bumi Internasional) yang mayoritas digerakkan oleh para kartini di tingkat komunitas.

Komunitas Bank Sampah Bumi inspirasi yang banyak dimotori oleh para kartini muda pada 21 April 2016 terlibat dalam event Pasar Sehat 1000 Kebun di Balai Kota Bandung. Event yang diselenggarakan bertepatan dengan hari Kartini ini juga menjadi kegiatan dalam memperingati perayaan hari Bumi Internasional pada 22 April setiap tahunnya.


(Aktivis dari Komunitas Bank Sampah Bumi Inspirasi tengah melakukan edukasi pada kegiatan Pasar Sehat 1000 Kebun, bertempat di Balai Kota Bandung, 21/04/2016)

Kiprah para kartini juga nampak kental pada kelompok bank sampah ASAH di RW 16 Sukapada Bandung, dalam sebuah aktivitas operasionalisai bank sampah yang terekam pada bulan ini terlihat para ibu menjadi penggerak kegiatan bank sampah di tingkat warga ini.


( Para ibu aktivis lokal menjadi penggerak kegiatan bank sampah ASAH RW 16 Sukapad. Proses menyortir dan menimbang menjadi salah satu kegiatan rutin dalam operasionalisasi Bank Sampah )


Peran para kartini dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup juga terlihat pada salah satu momen yang terkam pada 21 April 2016 di Bank Sampah Neglasari Makmur RW 04 Padasuka Bandung. Kemasan-kemasan bekas yang bagi banyak orang masih dipandang sebagai sampah tak berguna bisa dikelola dan bernilai di tangan para kartini lokal yang penuh keuletan.


( Kegiatan Penyortiran sampah di Bank Sampah Neglasari Makmur RW 04 Padasuka ,21/04/2016 )

Peran kartini di tingkat komunitas ini bukan hanya tercermin lewat kegiatan rutin operasionalisasi Bank Sampah, namun juga dalam peran edukasi dan kampanye. Seperti pada salah satu momen di komunitas Bank Sampah Teratai di RW 02 Babakan Andir Padasuka. Salah satu pegiat Bank Sampah menerima kunjungan studi kalangan pelajar dari SMA 24 Bandung. Proses kampanye dan edukasi menjadi bagian penting gerakan penyelamatan bumi melalui kegiatan Bank Sampah Komunitas.

( Pengelola Bank Sampah Teratai RW 02 Babakan Andir Padasuka tengah memberikan penjelasan pada siswa-siswa SMA 24 Bandung )

Pada akhirnya selalu ada buah manis yang dipetik dari setiap upaya dan proses yang dijalankan sekecil apapun. Seperti pada momen dimana kelompok-kelompok Kartini Komunitas ini mendapatkan apresiasi/penghargaan pada Green Carnaval yang diselenggarakan oleh Pikiran Rakyat Jabar di kota Bandung. Bersama Pak Sugiri sebagai Koordinator Fasilitator Paguyuban Bank Sampah Kota Bandung, dua kelompok bank sampah yang notabene dijalankan oleh para ibu berhasil meraih juara 1 dan 2 pada event ini.
 

( Bapak Sugiri (tengah) bersama para 'Kartini Juara' dan perwakilan HU Pikiran Rakyat berfoto bersama pada momen apresiasi juara di event Green Carnaval )


Tetap semangat berjuang para penyelamat bumi dan masa depan peradaban, ibu dan komunitas menjadi pondasi penting dalam gerakan ini. Selamat Hari Kartini 21 April dan Hari Bumi Internasional 22 April 2016 (LPTT/Ded).


* * * *


1 komentar: