Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Minggu, 22 Maret 2015

Gerakan Pelajar Cinta Sungai: Peringatan Hari Air Sedunia 2015




Memperingati Hari Air sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret , SMAN 19 Bandung bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat (LPTT) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda Jabar menyelenggarakan aksi biomonitoring sungai pada tanggal 21 Maret 2015.

Biomonitoring sungai merupakan metode sederhana untuk mengetahui kualitas air sungai melalui pengamatan keragaman biota yang hidup di dalamnya. Di samping aksi bio monitoring, dilakukan secara pararel aksi penanaman pohon dan pembuatan lubang biopori.



Dengan mengusung tema “Water and Sustainable Development” (Air dan Pembangunan Berkelanjutan), kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran dan semangat dalam memelihara dan mengelola air sebagai penopang kehidupan.
 
Lebih dari 200 peserta dari beberapa SMA/SMK dan SMP terlibat dalam aksi yang berlokasi di Curug Dago di kawasan Bandung utara. Pengelolaan Curug Dago berada di bawah pengawasan Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Beberapa komunitas warga yang konsen terhadap pelestarian Cikapundung juga turut terlibat aksi ini. 

Seremonial pembukaan kegiatan ini dilakukan di kampus SMAN 19 Bandung oleh Kepala BPLH Kota Bandung, Hikmat Ginananjar. Selain BPLH Kota Bandung, beberapa perwakilan dinas terkait yang hadir turut memberangkatkan peserta secara simbolis menuju lokasi aksi di sungai sekitar Curug Dago, diantaranya dari BPLHD Provinsi Jawa Barat, Dinas PSDA Provinsi Jawa Barat, serta Dinas Pendidikan Kota Bandung.

Diantara kemeriahan aksi biomonitoring ini sebagian peserta pelajar melakukan proses dokumentasi dan reportase berita sebagai tindak lanjut pelatihan dasar jurnalis sekolah yang diadakan seminggu sebelumnya bersama IJTI dan LPTT. Para pelajar ini tergabung dalam Program Pelajar Cinta Sungai dimana aksi biomonitoring inipun menjadi salah-satu rangkaian dari program Pelajar Cinta Sungai. Program Pelajar Cinta Sungai sendiri bertujuan menciptakan generasi masa depan yang peduli terhadap kelestarian sungai, khususnya sungai-sungai di kawasan sekitar Bandung.

Aksi dalam rangka memperingati hari air sedunia yang melibatkan ratusan orang ini dirancang dengan pendekatan nol sampah agar tidak ada sampah yang dihasilkan dari aksi, kalaupun ada sampah yang dihasilkan maka semuanya harus bisa dikelola dan dimanfaatkan.

* * *

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar