Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Rabu, 28 Januari 2015

Pelatihan Budidaya Lele Sangkuriang ala Pasar



Semenjak dimulainya pembangunan fisik Biodigester di Pasar Induk Gedebage, tidak hanya urusan teknis bangunan saja yang dibicarakan. Warga pasar dan sekitarnya pun secara bertahap kami ajak untuk berpartisipasi dalam mengelola sampah. Jumlah sampah organik yang begitu melimpah di pasar memiliki potensi  untuk dikembangkan dalam pertanian maupun peternakan. 

Setelah berdiskusi dengan Paguyuban Pedagang Pasar Gedebage, munculah ide untuk belajar cara beternak lele menggunakan kolam terpal. Kegiatan ini direncanakan berlangsung dalam kurun waktu dua hari. Selasa (27/1) untuk persiapan kolam dan media untuk lele, sabtu (31/1) untuk penanaman lele dan pencegahan penyakit.

Peserta yang hadir terdiri dari anggota Paguyuban Pedagang Pasar Gedebage dan pemuda Karang taruna Kecamatan Panyileukan juga dihadiri oleh kasi ekbang dari kecamatan Panyileukan. Antusiasme yang begitu tinggi dari peserta membuat jadwal pelatihan dipercepat dua jam dari waktu yang telah ditentukan sebelumnya. Kang Hadi sebagai pemateri dengan setelan sweater abu-abu  yang dipadukan dengan sepatu bot ukuran 30 cm tak kalah “fashionable”nya dengan orang pasar. Meskipun pemberian materi bertempat di Los Eceran yang terletak ditengah hiruk pikuknya pasar tak menjadi hambatan untuk bertanya perihal budidaya lele.

Penjelasan dan tanya jawab
  
“Lieur teori mah kang,  kumaha lamun bari praktek langsung diditu?”  ujar salah seorang peserta disaat coffe break ala pasar. Setelah itu peserta mulai berpencar mempersiapkan bahan/material yang masih bisa digunakan dan dicari di area pasar. Untuk membuat  kolam terpal bahan yang dibutuhkan diantaranya: bambu, terpal, kotoran kambing jerami, paku dan kawat besi,.





Dengan didampingi oleh pemateri, peserta mulai membangun dua buah kolam yang akan difungsikan sesuai kebutuhan pelatihan ini. Satu kolam selesai dibangun, hujan deras pun mengguyur pasar gedebage. Sambil menunggu hujan reda, peserta kembali keLos Eceran untuk beristirahat sambil menyantap liwet yang telah disiapkan oleh Paguyuban Pedagang Pasar.





Setelah hujan reda  peserta kembali ke lokasi kolam terpal untuk menyelesaikan pelatihan sesi pertama ini. Pekerjaan mengisi air dan menyimpan kotoran domba didalamnya sebagai media pembesaran lele menjadi penutup kegiatan kemarin. Selanjutnya peserta akan terlibat dalam proses belajar mengamati perubahan air kolam terpal tersebut hingga siap digunakan untuk menanam lele pada pelatihan sesi kedua. (.disen)
" Hidup adalah proses belajar dan berjuang tanpa batas."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar