Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Kamis, 23 Oktober 2014

PAGUYUBAN FASILITATOR KECAMATAN: Diskusi Pengembangan Paguyuban Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Peduli Lingkungan

Suasana diskusi santai pertemuan Paguyuban Fasilitator Kecamatan

Paguyuban fasilitator kecamatan merupakan penggerak utama dalam pengelolaan lingkungan di kota Bandung. Peran paguyuban sangat penting dalam mengembangkan kesadaran masyarakat di wilayah kecamatan kota Bandung. Untuk menjaga semangat perjuangan para fasilitator kecamatan, LPTT menggelar pertemuan paguyuban fasilitator kecamatan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar fasilitator sekaligus membahas strategi pengelolaan lingkungan di tiap kecamatan terutama dalam pengelolaan sampah.

Pertemuan paguyuban ini dirancang dengan diskusi santai yang memberikan keleluasaan kepada seluruh fasilitator untuk mengekspresikan pendapat, pandangan dan solusi mengenai keberlangsungan paguyuban fasilitator kecamatan.

Dalam acara ini, peserta diajak memahami satu permasalahan di wilayahnya (permasalahan lingkungan). Permasalahan yang ditemukan kemudian dikaji dan didiskusikan bersama untuk mencari solusi yang bisa diterapkan. Beberapa simulasi dan film diputar untuk memberikan motivasi kepada paguyuban di dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan di kota Bandung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian paguyuban menjadi 3 kelompok. Tiap kelompok membentuk struktur kepengurusan yang memiiki tugas membuat "action plan" yang akan dilaksanakan di wilayahnya masing-masing. Selanjutnya dilanjutkan pemaparan dan diskusi "action plan" dari masing-masing kelompok.


Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk membentuk paguyuban mandiri dan aktif melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan di wilayahnya yang meliputi bank sampah, urban farming, dsb.

Kontibutor: Arif RH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar