Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Rabu, 30 Oktober 2013

Gerakan Pelajar Cinta Sungai Bersih: Kab Tasik


Dua hari sebelum pemberangkatan acara GPCSB, kita dihebohkan dengan semangat bait-bait sumpah pemuda. Sumpah yang tak mengharapkan apapun. sumpah yang murni untuk menumbuhkan budaya kontribusi. hanya untuk menjunjung satu kata yaitu persatuan. semangat inilah yang didapatkan dari adik-adik siswa beberapa sekolah menengah atas yang ada di Kab.Tasikmalaya. mereka diberi arahan oleh Dewan Sumber Daya Air (DSDA) bahwa tahun 2050 air akan lebih mahal dari harga minyak bumi, karenanya untuk menjaga sungai yang merupakan sumber air utama masyarakat Indonesia. 

Keantusiasan mereka di tunjukkan dengan meneriakan yel-yel dari masing-masing sekolah mereka juga dengan kerja team ketika “bebersih” sungai, sungai yang dibersihkan adalah sungai Ciawang (Jalan Muktamar, Cipasung Singaparna Kab. Tasikmalaya). Pembersihan sungai dilakuakan dalam waktu dua jam. Mereka berjanji akan ikut aktif menjaga sungai karena sungai untuk masa depan.

Bebersih Sungai Ciawang

Antusiasme bertambah karena ditempat mereka berbaris terpampang dua spot zero waste, dua orang dari team edukator zero waste event membuat mereka bertanya-tanya, bagaimana tidak, menurut pengakuan ketua panitia (Kang.Hamka) yang merupakan mahasiswa STT CIPASUNG, konsep seperti ini belum pernah diterapkan ditempatnya. Pertanyaan-pertanyaan mereka terjawab setelah pemandu acara menjelaskan apa itu zero waste event.


 

Peserta sedang membuang sampah sesuai jenisnya.

Team edukator zero waste berperan sebagai pemandu dan juga narasumber para peserta agar mau memilah sampahnya sesuai jenisnya dispot-spot zero waste. Team edukator zero waste event pun menjelaskan bahwa tak semua sampah harus dibuang, justru sampah akan bermanfaat jika kita mengetahui cara penanganannya, contoh sisa mkanan dan juga dedaunan bisa dikompos, bekas wadah air mineral  bisa disedekahkan. 
Harapan bagi para penggiat lingkungan adalah ketika semua event itu minim sampah ataupun tak ada sampah sama sekali, mudah-mudahan dengan sosialisasi ini menjadi pencerahan bahwa sebuah event agar dapat didesain minim sampah dan peduli lingkungan. (RICO) 

1 komentar:

  1. Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung...
    Keren Abisss.....
    CINTAI LINGKUNGAN !!!

    BalasHapus