Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Kamis, 21 Agustus 2014

Kunjungan AIESEC UNPAR Ke Bank Sampah RW 11 Padasuka

[Pengelola Bank Sampah RW 11 Padasuka berfoto bersama dengan 5 orang mahasiswa luar negeri yang diorganisir oleh AIESEC UNPAR Bandung]

Kesan baik akan membekas selalu dikenang. Inilah perasaan yang dialami LPTT Bandung saat kedua kalinya sejak tahun 2013 dan tahun ini menjadi tempat studi lingkungan para mahasiswa luar negeri yang dikelola oleh AIESEC UNPAR Bandung.

Studi lingkungan ini menjadi penting dilakukan untuk mengenalkan kepada para mahasiswa luar negeri yang memiliki latar belakang negara dan budaya berbeda tentang bagaimana kondisi pengolahan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah dan bank sampah yang saat ini sedang digalakan masyarakat RW di kota Bandung.
 

Meski sebatas kunjungan studi dengan durasi waktu yang singkat, namun kegiatan ini menjadi semacam pengakuan akan keberadaan (eksistensi) bank sampah oleh pihak luar, sehingga kerap mendorong semangat hingga memotivasi RW pelaku bank sampah untuk lebih aktif menggulirkan inovasi-inovasi dalam mengelola lingkungannya, terutama sampah. 

Tahun ini sebanyak 15 orang mahasiswa luar negeri berpartisipasi dalam program AIESEC UNPAR Bandung, dan lima orang diantaranya pada hari Rabu, 20 Agustus 2014 mengadakan kunjungan studi ke Bank Sampah RW 11 Padasuka Bandung.

Kegiatan diawali dengan mengenalkan pengelolaan lingkungan terutama sampah yang ada di RW 11 Padasuka kepada para mahasiswa luar negeri, dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi pengalaman proses pengelolaan sampah organik dan non organik di RW ini, serta berbagi kisah pengelolaan sampah di negara-negara asal para mahasiswa luar negeri tersebut, yaitu Jerman, Australia, Cina, Bangladesh, Vietnam, Maroko dan Azerbaijan (beberapa mahasiswa lain berkunjung ke lokasi RW yang berbeda). Sesi berikutnya yang paling bersentuhan dengan pengelolaan bank sampah adalah melakukan simulasi proses operasionalisasi bank sampah, mulai dari memilah sampah sesuai jenisnya, setor sampah, menimbang, mencatat, hingga proses pengemasan.

Meski hanya berlangsung singkat, dari sekitar jam 9 pagi hingga tengah hari, namun kegiatan kunjungan studi ini diharapkan mampu memberikan kesan dan pengalaman interaksi langsung bagi para mahasiswa luar negeri tentang kegiatan pengelolaan lingkungan/sampah yang ada di komunitas warga di kota Bandung.

Sedangkan bagi tuan rumah pengelola bank sampah RW 11 Padasuka, harapannya dengan kunjungan ini akan memberikan semangat dan motivasi tambahan untuk lebih gencar mengkampanyekan upaya pengelolaan sampah di tingkat masyarakat, dan mendorong terbentuknya proses pengelolaan sampah di wilayah-wilayah sekitarnya seperti melalui pembentukan bank sampah warga.

* * *

Kontributor: Arif RH - Editor: Ded.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar