Agenda Terkini:

LPTT Bandung mengajak anda mahasiswa (S1 & S2) untuk terlibat menjadi RELAWAN Lingkungan bersama LPTT Bandung. Informasi/Pendaftaran: 08170213972 / @LPTT_Bandung

Kamis, 05 Mei 2011

“Bandung Green School” Diterapkan di SD dan SMP


BANDUNG, (PR).-

Setelah Program Bandung Green and Clean (BGG), Kota Bandung akan didukung oleh program baru, Bandung Green School (BGS). BGS akan diterapkan di SD dan SMP untuk mendukung program berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Bandung.
Menurut Kepala Badan Pengelola Lingkungan Hidup (BPLH) Kota Bandung Ahmad Rekotomo, selama ini sekolah sudah menerapkan pola kebersihan yang baik. Selain untuk mengikuti berbagai lomba kebersihan, sekolah juga berkomitmen untuk pelestarian lingkungan.

“Hanya, biasanya kebersihan masih dilakukan oleh petugas sekolah ataupun guru dan kepala sekolah. Sementara pelajar masih harus ditumbuhkan rasa inisiatif dalam mengelola lingkungannya,” ujarnya, saat sosialisasi BGS, di Aula Mang Ohle, Bandung, Rabu(4/5). Pada Sosialisasl tersebut hadir pula Manager Community and Consumer Relations Pikiran Rakyat Refa Riana, serta Kepala Lembaga Penerapan Telmologi Tepat (LPTT) Rohadjie Tri W.
Program BGS merupakan hasil kemitraan antara Pikiran Rakyat bersama BPLH Kota Bandung, LPTT, Unilever, dan Rase FM.

Rekntomo menuturkan, penerapan BGS tidak dijadikan mata pelajaran khusus. ”Soal Cara menjaga kebersihan yang benar, dipraktikkan dan dicontohkan langsung oleh guru kepada siswa,” tuturnya.

Peserta sosialisasi itu, adalah sekolah agar dapat mentransformasikam pendidikan pengelolaan linkungan hidup yang baik kepada para siswa.
Imbasnya, diharapkan pola hidup sehat dan bersih akan memengaruhi warga lingkungan sekitar sekolah.

“Kegiatan BGS ini nantinya akan menunjang suksas kegiatan BGC, dalam upaya mangubah perilaku menjadi cinta akan kebarsihan, panghijauan dan barsahabat dangan sampah,” tutur Rekotomo.

Menurut Kapala LPTT Rohadjie Tri W., penekanan BGS ditujukan bagi siswa agar dapat diterapkan secara tepat dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, siswa juga nantinya akan menjadi agen parubahan di lingkungan tempat tinggalnya.

“Pelajar SD dan SMP ini merupakan generasi penting dalam usaha menjaga lingkungan. Ketika program ini diterapkan, diharapkan para pelajar akan menjadi kader yang ikut mengampanyekan pola hidup bersih dan sehat di lingkungan sekitar meraka,” ucapnya.

Sementara itu, Community & Consumer Relation Manager Pikiran Rakyat Rofa Riana menuturkan, program pelestarian lingkungan hidup akan terus didukung oleh Pikiran Rakyat.

Kemitraan BGS merupakan lanjutan komitmen Pikiran Rakyat terhadap program peningkatan kualitas lingkungan hidup sebelumnya yakni BGC, serta program lainnya.
“Kami siap memfasilitasi pihak-pihak yang ingin menunjang program pengelolaan lingkungan hidup,” ujarnya. Labih lanjut Refa mengatakan, Pikiran Rakyat juga barkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan lingkungan hidup yang tepat dan lebih baik. (A-196)***



* * *


Tidak ada komentar:

Posting Komentar